Tentang CANGKRUKAN KREATIF

Sejarah

Pada awalnya, CANGKRUKAN KREATIF hanyalah sebuah acara internal untuk pembekalan anggota-anggota baru dari sebuah agensi kreatif ICREATIVE. ICREATIVE sendiri merupakan agensi internal ikatan alumni salah satu SMA negeri di kota Malang.

Seiring berjalannya waktu, Hardianto Prabowo dan Muhammad Yusril Indra Marwa (dua dari sekian banyak anggota ICREATIVE) berkeinginan untuk membesarkan skala CANGKRUKAN KREATIF, yang biasanya hanya diperuntukkan untuk anggota baru saja, mereka menginginkan siapa pun juga bisa berpartisipasi dalam acara tersebut. Namun, untuk merealisasikan gagasan tersebut bukanlah hal yang mudah, mulai dari tidak menemui kata sepakat dengan pengurus besar lainnya, sumber pendanaan yang belum tergambar, sampai jadwal kuliah yang semakin padat. Alhasil, mereka harus memendam sejenak mimpi tersebut.

Awal tahun 2019 merupakan momentum penting bagi pelaksanaan CANGKRUKAN KREATIF, setelah sekian lama gagasan itu tertimbun kenyataan realita yang tak bersahabat, datanglah GGen (sekelompok mahasiswa UMM) yang menawarkan kerja sama untuk merealisasikan ide tersebut. setelah melewati drama panjang, pada Minggu 21 Juli 2019, terlaksanalah CANGKRUKAN KREATIF #01: Ide Kreatif Dibalik Konten Yang Membuat Laper Mata.

Filosofi

Dalam masyarakat saat ini, khususnya masyarakat Jawa Timur, istilah cangkrukan sangat populer dan identik dengan sesuatu yang negatif, sesuatu yang tidak berfaedah, seperti berbingcang tak jelas untuk sekedar menghabiskan waktu. Padahal, dari cangkrukan seharusnya bisa menghasilkan sesuatu yang sangat berguna.

Menurut KBBI, kreatif adalah kemampuan untuk mencipta. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya terus produktif menciptakan ide-ide kreatif untuk memecahkan solusi dari permasalahan yang ada di sekitar. Dengan terus beraktifitas secara positif, diharapkan dapat menghindarkan generasi muda dari hal-hal yang negatif. Terdengar klise memang, tapi ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk memanfaatkan masa muda dengan bijak.

Jadi CANGKRUKAN KREATIF dapat diartikan sebagai wadah kumpul-kumpul sambil mendiskusikan hal-hal tentang industri kreatif.